4 Keunggulan USB Type-C

Hosting Unlimited Indonesia

Tahun lalu, saat Apple meluncurkan Macbook terbaru, masih banyak orang yang meragukan perangkat yang menggunakan port USB-Type C (atau USB-C) dan menganggapnya sesuatu yang cukup ‘nyeleneh’. Tapi, hari ini banyak perangkat dan smartphone terbaru yang mengadaptasi teknologi tersebut, termasuk beberapa flagship terbaru seperti Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge. Tapi, kenapa?

Berikut ini 4 keunggulan USB Type-C dibanding generasi sebelumnya :

Kabel dan konektor reversible

Bahasa lebih sederhana dari reversible adalah bolak-balik, jadi bagaimana pun arah kita menghubungkan konektor USB-C akan selalu cocok, begitu pula dengan kabelnya. Hal ini mempermudah saat seseorang ingin menghubungkan perangkatnya dengan USB-C dalam gelap, misalnya.

Manfaat lebih besar, secara teori akan memudahkan USB-C menghubungkan berbagai perangkat yang jauh berbeda yang selama ini memiliki standar konektor yang jauh berbeda pula. Maka, USB Type-A dan USB Type-B yang kita kenal selama ini akan menjadi ‘kuno’ seiring smartphone hingga printer memakai standar yang sama.

Lebih cepat (biasanya)

Perlu diingat bahwa USB-C bukanlah USB 3.1 walaupun keduanya dikembangkan bersama-sama. Kabel dengan konektor USB-C biasanya mentransfer data dengan kecepatan setara USB 3.0 yaitu sekitar 5 Gbps, sementara USB 3.1 diklaim mampu melakukan transfer hingga 10Gbps.

Namun, beberapa perangkat mendukung kedua standar ini sekaligus. Jadi, selain mendapat keunggulan dari USB-C, perangkat juga mendapat kecepatan transfer seperti USB 3.1. Namun, kedua standar ini tidak selalu ada bersama-sama dalam satu produk. Jadi, selalu cek detail produk terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli.

Lebih cepat dalam pengisian daya

USB-C bukan hanya menawarkan kecepatan dalam mentransfer data, tapi juga lebih cepat dalam pengisian daya. Sekali lagi, ini hanya berlaku jika sebuah perangkat mendukung kedua standar yaitu USB 3.1 dan USB-C. Hasilnya, kabel akan mampu mentransfer daya 10x lipat lebih besar yaitu dari hanya 10W menjadi 100W.

Beberapa hal lain yang akan terjadi misalnya mengecilnya ukuran kabel charging pada laptop, karena digantikan oleh USB-C; menggunakan perangkat yang mendukung USB-C untuk memberikan daya pada perangkat lain yang juga mendukung USB-C. Hard disk ekternal akan menjadi lebih cepat dan sebagainya.

Tentu saja, pabrikan akan butuh waktu untuk menghasilkan perangkat yang mengadaptasi standar USB-C. Tapi, hal itu berarti kita akan mendapat perangkat yang lebih tipis, ringan dan bisa diisi daya lebih cepat di masa depan. Kemungkinan lainnya, semakin banyak perangkat elektronik, terutama perangkat kecil yang akan mendukung USB.

Lebih serba guna

USB-C dikenal sebagai salah satu standar paling serba guna saat ini. Kita tidak memerlukan jenis kabel yang berbeda pada printer, smartphone, laptop dan perangkat lainnya. Ditambah lagi dengan kehadiran USB 3.1, perangkat bisa melakukan beberapa pekerjaan sekaligus dan lebih cepat.

Jadi, pengguna bisa melakukan charging dan mentransfer data secara bersamaan. Atau, USB-C bisa digunakan untuk menghubungkan antara laptop dengan layar eksternal. Nah, sekarang mungkin lebih mudah mengerti mengapa MacBook terbaru mengadaptasi teknologi ini kan?

Terakhir, USB Type-C memiliki sirkuit pintar tertanam yang membantu mereka dalam bekerja saat diminta untuk mentransfer data, daya maupun video. Ini merupakan salah satu peningkatan dari standar USB yang lama.

Kelemahan : Tidak backwards-compatible

Tidak seperti kabel USB generasi sebelumnya, USB-C bukanlah backwards-compatible yang artinya tidak bisa digunakan pada perangkat lama (setidaknya tanpa adaptor). Menggunakan adaptor mungkin bisa menghubungkan perangkat lama dengan USB-C tapi tidak akan memberikan keunggulan yang dimiliki USB 3.1 dan USB-C itu sendiri.

Ini artinya, di masa mendatang, kita harus membeli perangkat yang mendukung USB-C untuk mendapatkan keunggulannya. Awalnya mungkin hal ini akan memberatkan, tapi USB-C akan menjamin bahwa kita akan membutuhkan lebih sedikit kabel dan port untuk perangkat kita. Dan itu membuka pintu pada peningkatan lainnya untuk perangkat elektronik dimasa mendatang.

Incoming search terms:

Hosting Unlimited Indonesia