4 Peran Dibalik Sebuah Website

Hosting Unlimited Indonesia

Banyak orang yang memprediksi kalau dalam beberapa tahun ke depan, orang-orang akan lebih banyak menggunakan komputer dibandingkan 10 tahun yang lalu. Kalau sudah diperkirakan demikian, bisa dipastikan kalau yang lebih laku adalah media digital.

Nah, tentu yang ada hubungannya dengan media digital adalah sebuah website. Jenis-jenis website cukup banyak, ada website pribadi hingga website sekolah (baca : 3 Manfaat Website Sekolah).

Namun, masih banyak orang (termasuk saya) yang beranggapan kalau sebuah website yang bagus hanya dibuat oleh web designer saja. Padahal, untuk mendapatkan sebuah website yang bagus dibutuhkan minimal 2 perang penting. Dan kalau mau website yang lebih baik, dibutuhkan 4 perang penting.

Apa saja peran yang dimaksud? Berikut ini adalah 4 peran dibalik sebuah website yang saya dapatkan dari JurusGrafis.com

1. Web Interface Designer

Perannya sama pentingnya dengan developer, sama saja dengan orang yang mendesain sebuah logo. Mereka menggunakan elemen visual (gambar) untuk menyampaikan pesan dan menggunakan simbol untuk mempermudah pengguna berinteraksi.

Intinya tetaplah komunikasi, bahkan dengan mendalami interface sama saja dengan mempelajari kebiasaan pengguna (usability) atau secara tidak langsung mempelajari reaksi seseorang terhadap warna tertentu (psikologi).

2. Front End Developer

Perannya adalah menemukan/menghasilkan HTML dan CSS dari desain yang telah dibuat oleh photoshop. Selain itu, seorang front end developer harus mempunyai mata yang jeli dan sense of art (jiwa seni). Jika basicnya adalah desainer, seorang web interface designer jug bisa berperan sebagai front end developer.

3. Back End Developer

Perannya sama seperti pesulap/penyihir, yaitu melakukan keajaiban. Ah, masak? Perannya lebih banyak di belakang layar, pengguna tidak melihat langsung tapi bisa merasakan manfaat saat berinteraksi dengan website.

Misalnya saat mengupload foto anda ke facebook. Padahal prosesnya lumayan panjang mulai dari menekan tombol browse, menarik data dari komputer, mengupload ke server dan kembali di front end lalu memberikan tagging, deskripsi dan akhirnya diterbitkan.

Tapi, kebanyakan pengguna tidak merasakan proses panjang itu. Itu karena interfce dan fungsi yang bersinergi dengan baik.

4. Copywriter 

Sekitar 80% dari tampilan website adalah text dan kebanyakn pengguna pasti membaca tulisan demi mendapat informmasi. Disinilah peran copywriter sangat diperlukan. Selain penampilan yang bagus, sebuah website harus mempunyai ‘cara/gaya bicara’ yang mudah dimengerti dan khas sesuai target masing-masing.

Peran copywriter seperti faktor x yang berperan sangat penting. Misalnya Twitter yang mengubah kata “What are you doing now” menjadi “What’s Happening”. Sangat terasa berbeda walau hanya terjadi perubahan kata. Dan efeknya bisa dilihat pada Twitter sekarang.

Nah, itu adalah 4 Peran Dibalik Sebuah Website sehingga bisa mendapatkan website yang bagus.

 

Hosting Unlimited Indonesia
    1. Lompo Ulu July 27, 2011
    2. Dearik July 27, 2011
    3. Leo July 27, 2011
    4. Dearik July 27, 2011
%d bloggers like this: