5 Jenis Usaha untuk Ruko Paling Menguntungkan

Hosting Unlimited Indonesia

Rumah Toko merupakan salah satu jenis bangunan yang sedang populer di masyarakat. Bangunan yang lebih populer disebut ruko ini begitu menarik karena beberapa hal, seperti bangunan jenis ini biasanya dibangun di tempat-tempat yang sangat strategi dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan dari membuka berbagai usaha hingga menjadi tempat tinggal yang nyaman.

Walaupun merupakan salah satu jenis bangunan dengan investasi yang sangat tinggi pada awalnya. Tapi, Rumah Toko memiliki beberapa keunggulan karena secara umum rata-rata harganya selalu meningkat dari tahun ke tahun. Harganya biasa dipengaruhi oleh lokasi tanah, perekonomian dan sebagainya. Berikut ini beberapa ide usaha ruko yang paling menguntungkan.

Tempat Jual-Beli Barang

Ruko untuk Usaha

Usaha paling umum untuk bangunan ini adalah sebagai tempat jual-beli barang. Berbagai jenis usaha bisa dilakukan, mulai dari barang perlengkapan sehari-hari hingga barang-barang yang cukup spesifik bahkan barang elektronik. Melakukan aktivitas jual-beli bisa dilakukan di lantai satu dan lantai dua bisa tetap digunakan sebagai tempat tinggal.

Alternatif lain adalah menggunakan lantai satu bangunan sebagai tempat usaha (aktivitas jual-beli) dan lantai atas bisa digunakan sebagai gudang atau tempat menyimpan stok barang.

Tempat Penyediaan Jasa

Ruko untuk bisnis

Penyedia jasa terutama yang berhubungan dengan teknologi dan internet sedang sangat populer belakangan ini, baik di Indonesia maupun seluruh dunia. Rumah Toko merupakan jenis bangunan yang sangat pas untuk menjalankan usaha semacam ini. Lantai dasar bisa digunakan sebagai ruang meeting bersama pembeli atau sebagai front-office. Sementara lantai atas bisa digunakan sebagai kantor atau tempat dimana tim bisa bekerja.

Bukan hanya penyedia jasa seperti contoh diatas, penyedia jasa konvensional seperti jasa pengiriman dan sebagainya juga bisa memanfaatkan ruko untuk usaha.

Tempat Makan / Hang Out

Ruko di Bali

Kenapa tempat makan? Karena menurut banyak pengamat ekonomi, bisnis makanan merupakan salah satu jenis bisnis yang akan berkembang pesat di tahun-tahun mendatang. Ada banyak sekali keuntungan yang didapat jika menjadikan ruko untuk bisnis makanan atau tempat hang out.

Pertama, lantai pertama bisa dimanfaatkan sebagai tempat menerima pesanan dan juga dapur. Di lantai pertama juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat makan, tentunya.

Kedua, lantai atas bisa dimanfaatkan sebagai gudang maupun tempat menyimpan stok barang. Lantai atas ini juga bisa digunakan sebagai dapur jika lantai dasar ingin sepenuhnya digunakan untuk tempat makan untuk pembeli.

Alternatif terakhir tentunya menggunakan lantai atas sebagai tempat tinggal untuk para karyawan sehingga tempat usaha bisa buka lebih lama bahkan buka 24 jam.

Tanah untuk lahan parkir juga biasanya akan menjadi nilai tambah dan keunggulan untuk usaha model ini.

Co-Working Space

Ruko untuk bekerja

Walau masih sangat jarang di Indonesia, tapi co-working space merupakan salah satu jenis usaha yang akan semakin berkembang ke depannya karena berbagai faktor. Co-working space biasanya dimanfaatkan oleh orang-orang yang sedang berlibur untuk tetap bisa bekerja secara profesional. Beberapa kota besar seperti Jakarta, Jogja dan Denpasar sudah memiliki beberapa co-working space.

Secara sederhana, co-working space bisa dianggap sebagai versi lebih mahal dan lengkap dari warnet. Co-working space menyediakan tempat bekerja secara profesional kepada para member atau pelanggannya. Beberapa hal yang harus dimiliki co-working space diantaranya akses internet yang cepat, tempat yang nyaman, fasilitas kantoran (printer, scanner), dan makanan ringan (snack).

Lantai dasar ruko bisa digunakan sebagai tempat dimana para member melakukan aktivitasnya, tinggal menyediakan beberapa tempat duduk dan meja atau beanbag jika tempat memungkinkan. Untuk menambahkan “nilai jual”, lantai atas bisa dimanfaatkan untuk ruang meeting maupun ruang konferensi bagi para member.

Disewakan Kembali

investasi ruko

Seperti sudah dijelaskan diawal artikel ini bahwa rumah toko merupakan salah satu jenis bangunan yang sangat pantas untuk dijadikan sebagai investasi. Jadi, setelah dibeli/disewa, bisa disewakan kembali pada pihak lain untuk mendapatkan keuntungan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih investasi di rumah toko seperti lokasi bangunan yang harus di pinggir jalan yang cukup ramai, akses yang dekat dengan usaha lain, serta yang paling sering dilupakan adalah tempat parkir.

Kesimpulannya, bangunan rumah toko sangat pas bila dijadikan investasi. Baik untuk membuka usaha sendiri untuk jual-beli, penyedia jasa, tempat makanan, co-working space maupun disewakan kembali. Jika memang tidak ingin dijadikan usaha, ruko untuk rumah juga tidak masalah. Lokasi tanah dan lahan parkir biasanya menjadi sebuah nilai tambah untuk nilai jualnya.

Incoming search terms:

Hosting Unlimited Indonesia