7 Kesalahan Penggunaan Facebook

Hosting Unlimited Indonesia

Facebook adalah jejaring sosial (social network) yang bisa dikatakan sebagai yang terbesar saat ini dari segi jumlah pengguna. Tapi, dalam waktu dekat mungkin akan mendapat saingan yang bisa dikatakan cukup sebanding. Yaitu, Google+ salah satu proyek besar dari Google yang diharapkan bisa menghentikan atau menghambat langkah Facebook.

Tapi, dari yang saya lihat dan alami sendiri. Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh orang-orang terutama remaja, apalagi yang sudah kecanduan dengan Facebook. Namun, sebelum membahas kesalahan-kesalahan tersebut. Mari kita ulas sedikit tentang efek negatif dari Facebook, khususnya dengan kasus-kasus yang terjadi di Indonesia.

– Yang paling sering terjadi adalah hilangnya remaja putri yang dibawa kabur oleh kenalan barunya di Facebook. Syukur kalau hanya diculik, pada beberapa kasus remaja putri malah diperkosa atau bahkan dibunuh.

– Beberapa kasus diawali dengan berakhirnya suatu hubungan, kemudian disebarnya foto-foto pribadi di Facebook. Sialnya, foto-foto pribadi itu bukan hanya sekedar foto biasa. Melainkan foto atau video yang menggambarkan apa saja yang telah mereka lakukan selama menjadi sepasang kekasih. Pasti para pembaca mengertilah.

– Banyak orang yang terseret kasus pencemaran nama baik karena statusnya di Facebook. Memang sih sampai saat ini belum banyak yang terekspos oleh media, tapi kalau kita telusuri. Pasti lumayan banyak yang terjerat kasus semacam itu.

Nah, sekarang saya akan berikan 7 Kesalahan Penggunaan Facebook secara umumĀ :

1. Facebook hanya untuk game. Memang game di Facebook itu menyenangkan, apalagi ketika level kita sudah lebih tinggi dari teman-teman lainnya. Tapi, apakah Facebook hanya digunakan untuk bermain game saja? Tidak! Facebook adalah jejaring sosial yang justru tujuan utamanya adalah untuk saling berinteraksi.

2. Cek Facebook setiap menit. Mengetahui kejadian dan status terbaru teman-teman anda memang sesuatu yang menyenangkan dan menarik. Tapi, bukan berarti anda diharuskan dan diwajibkan untuk mengecek Facebook setiap menit.

3. Menulis status sembarangan. Facebook itu berada di dunia maya, dunia internet. Jadi, ketika anda menulis sebuah status. Apalagi tanpa memakai pembatas, maka seluruh DUNIA bisa membaca status anda. Ditambah lagi, adanya sistem arsip di Internet. Artinya, walaupun anda menyembunyikan atau menghapus status anda. Bukan berarti hilang selamanya.

4. Menambah teman seenaknya. Mungkin ada pepatah yang mengatakan “Banyak kawan, banyak rejeki.”. Tapi, kalau bagi saya di Facebook. “Banyak teman adalah malapetaka.” Apalagi ketika anda seenakanya menambahkan orang yang tidak anda kenal sebagai teman, untung kalau dia adalah orang baik. Kalau dia adalah orang jahat dan tidak bertanggung jawab, bagaimana?

5. Memajang foto yang terlalu pribadi. Hal ini lebih banyak dilakukan oleh perempuan, atau kebanyakan kasus merugikan perempuan. Mereka memajang foto yang terlalu pribadi. Kalau saran saya, untuk perempuan lebih baik memasang foto yang menunjukan wajah hingga sebatas diatas dada. Atau sekalian foto full body dengan pakaian sopan dan menarik.

6. Berbagi informasi pribadi kepada semua orang. Disinilah sangat penting untuk membatasi profil Facebook dan memberikan privasi pada data-data pribadi anda. Saya sangat menyarankan untuk tidak membagi alamat email utama, alamat rumah lengkap serta nomor handphone di Facebook. Itu sangat berbahaya.

7. Komentar tanpa tujuan. Saat anda memberikan komentar pada sebuah kiriman atau status, usahakan kalau anda mengerti apa yang dimaksud dalam kiriman atau status tersebut. Jangan sampai anda dianggap hanya numpang tenar, spam, atau sok tau. Kalau pada teman yang anda kenal baik, mungkin tidak masalah. Tapi, kalau pada orang yang tidak mengenal anda. Bagaimana?

Oke, itulah 7 Kesalahan Penggunaan Facebook. Untuk mendapatkan aktifitas di Facebook yang lebih baik, ada baiknya anda menghindari kesalahan-kesalahan diatas.

Incoming search terms:

Hosting Unlimited Indonesia