13

8 Tips Memelihara Hubungan Jarak Jauh (LDR)

Hubungan jarak jauh bukanlah sesuatu yang mudah untuk dijaga dan dipelihara. Keluarga mungkin akan mengatakan bahwa hubungan semacam itu lebih baik diakhiri saja, para sahabat juga mungkin akan mengatakan untuk tidak terlalu serius menjalaninya, mewanti-wanti hubungan berakhir di tengah jalan.

Tapi LDR selalu punya ‘pesona’-nya sendiri, walau tidak pernah mudah untuk menjalaninya. Jarak membuat banyak hal menjadi tidak mungkin, hubungan bisa saja menjadi rumit dan kedua pihak bisa merasa sedih dan kesepian pada suatu waktu. Tapi, jarak tidak selalu berbuah buruk, jarak membuat hal-hal paling sederhana menjadi lebih manis, bisa berpegang tangan dan makan bersama tiba-tiba menjadi sangat berarti dalam hubungan jarak jauh.

LDR mungkin memang berat dan sulit, tapi bukan berarti mustahil untuk dijalani. Berikut ini 8 tips untuk memelihara hubungan jarak jauh yang semoga bisa membantu.

1. Hindari Komunikasi Berlebihan

Jarak yang jauh memang terkadang membuat seseorang menjadi lebih posesif pada pasangannya, tapi pasangan tidak perlu untuk berkomunikasi 12 jam sehari untuk membuat hubungan berjalan. Jangan menjadikan komunikasi dan intensif sebagai kompensasi dari jarak. Ingat bahwa keseringan chatting justru berpotensi membuat hubungan jadi renggang.

2. Jadikan LDR Sebagai Kesempatan Untuk Belajar

Jadikan jarak yang memisahkan sebagai sebuah perjalanan untuk berdua, melihat dan melatih sebesar apa saling mencintai. Seperti pepatah Tiongkok mengatakan bahwa “Emas asli tidak takut akan uji api”, artinya jika hubungan yang dijalani memang berdasarkan cinta satu sama lain, jarak bukan akan menjadikannya lebih lemah, justru akan menjadikannya lebih kuat.

“If you want to live together, you first need to learn how to live apart.” – Anonymous

3. Hindari Situasi “Sulit & Berbahaya”

Jika sudah tahu bahwa pasangan tidak suka saat kamu pergi ke suatu tempat dengan orang-orang tertentu, maka lakukan salah satu dari dua hal ini : 1. Jangan pergi. 2. Yakinkan pasangan sebaik mungkin dengan alasan yang kuat. Jangan anggap remeh hal semacam ini karena pasangan bisa saja menjadi sangat khawatir atau sangat curiga dan tentu saja sangat marah karena dia berada di posisi dimana dia tidak memiliki kontrol sama sekali.

Situasi lain yang harus dihindari adalah sebuah posisi dimana kamu secara sadar atau tidak, ‘berkencan’ dengan orang-orang dari ‘masa lalu’ atau orang-orang yang mungkin akan membuat pasangan sakit hati. Sebelum terjebak dalam situasi semacam ini, selalu gunakan hati dan otak.

4. Lakukan Hal ‘Bersama’

Di era sekarang, jarak sebenarnya bukan sebuah halangan yang berarti lagi. Banyak hal-hal yang bisa dilakukan ‘bersama’ walau terhalang jarak ratusan kilometer. Beberapa hal seperti bermain game online bersama atau menonton video / dokumenter di YouTube bersamaan, berkaraoke bersama lewat Skype atau “jalan-jalan” sambil video-call sangat mungkin dilakukan.

5. Nikmati Waktu ‘Sendiri’

Kamu mungkin sedang sendiri, tapi kamu tidak harus merasa kesepian. Jangan biarkan dirimu hanya terjebak pada sudut pandang bahwa sedang jauh dari pasangan. Gunakan waktu sendiri ini untuk dinikmati bersama diri sendiri, para sahabat dan tentu saja keluarga. Ada banyak hal-hal lain yang bisa dilakukan tanpa melibatkan pasangan.

6. Jujur pada Satu Sama Lain

Jujurlah pada pasangan mengenai hal-hal yang membuatmu takut, merasa tidak aman, cemburu, apatis dan lainnya. Jangan berusaha menyembunyikan hal-hal semacam ini, karena rahasia yang kamu simpan secara perlahan-lahan akan membuatmu merasa semakin tidak nyaman terhadap hubungan dan pasangan. Terbuka dan biarkan pasangan membantu dan memberi dukungan yang kamu butuhkan. Lebih baik terbuka pada permasalahan diawal daripada terlambat.

7. Berikan ‘Memento’

Ada ‘kekuatan’ yang sulit dijelaskan pada sebuah kenang-kenangan. Kita sering menempelkan makna dan kenangan pada benda-benda fisik, berharap ketika pikiran tidak mampu mengingat, benda-benda tersebut membantu kita mengingatkan pada sesuatu yang penting dan bermakna. Hal inilah yang menyebabkan mengapa hal-hal sederhana dan kecil bisa sangat berarti bagi seseorang. Jadi, sebelum terpisah, berikanlah sesuatu yang bisa mengingatkan pasangan akan kita, hal-hal kecil seperti kalung, cincin, gantungan kunci atau bahkan sebotol parfum.

8. Selalu Berpikir Positif

Hubungan jarak jauh sudah merupakan sesuatu yang sulit, jadi jangan tambahkan energi-energi negatif ke dalamnya. Memang, menunggu terkadang melelahkan dan menyakitkan, tapi ingatlah akan buah manis yang akan di dapat pada akhir penantian.

Salah satu cara untuk selalu positif adalah selalu bersyukur. Bersyukurlah kamu memiliki seseorang untuk dicintai, seseorang yang juga mencintaimu.

 

 

Show Comments

No Responses Yet