Adik Kakak Ini Mengubah 7 Baris Kode Menjadi Perusahaan Senilai 122 Triliyun

Hosting Unlimited Indonesia

Data terbaru menunjukan orang-orang di Amerika Serikat khususnya menghabiskan $1.2 milyar untuk belanja online dan angka ini diperkirakan akan menjadi dua kali lipat dalam 5 tahun. Sayangnya, teknologi untuk menangani pembayarannya sudah berusia tua dan lambat. Proses persiapan fiturnya pun memerlukan waktu berminggu-minggu dan melibatkan banyak orang dan uang.

Tahun 2010, Patrick dan John Collison, kakak beradik asal Irlandia mulai berusaha memecahkan masalah ini dan mendirikan Stripe. Stripe hari ini menangani puluhan milyar transaksi di internet setiap tahun dan mengambil keuntungan dengan memungut biaya kecil dari setiap transaksi. Hari ini, diperkirakan setengah dari transaksi orang-orang Amerika Serikat di internet ditangani oleh Stripe.

Stripe memulai debutnya pada 2011 dan menghabiskan 2 tahun untuk melakukan uji coba teknologi dan menjalin kerjasama dengan bank, kartu kredit dan pemerintah di Amerika Serikat. Stripe punya cara berbeda dalam pendekatan sebagai layanan payment, bukannya hanya memberikan kemudahan pada bagian akutan, mereka juga mempermudah layanan bagi developer dimana developer hanya perlu menambah 7 baris kode untuk menangani masalah pembayaran. Sebuah pekerjaan yang biasa membutuhkan berminggu-minggu, kini bisa diselesaikan dengan copy-paste.

Kedua orang tua dari kakak beradik yang mendirikan Stripe memiliki latar belakang sebagai seorang pengusaha dan ilmuwan dengan ayah yang lulusan teknik kelistrikan dan memiliki usaha hotel sementara ibu yang merupakan lulusan ilmu mikrobiologi dan memiliki perusahaan pelatihan yang dijalankan dari rumah kediaman mereka.

Patrick Collison berhasil menyelesaikan masa sekolahnya lebih dini pada usia 16 tahun dan dinobatkan sebagai salah satu Young Scientist of the Year karena menciptakan bahasa pemrograman dan sistem kecerdasan buatan. Dia menyelesaikan proses tes yang biasanya membutuhkan waktu 2 tahun dalam 20 hari.

Patrick kemudian melanjutkan kuliah di MIT dan tidak lama kemudian, John menyusulnya ke Amerika Serikat untuk melanjutkan studi di Harvard. Di waktu senggangnya, kedua kakak beradik ini menciptakan aplikasi iPhone. Salah satu aplikasi mereka yang cukup populer adalah versi offline dari Wikipedia yang memungkinkan situs dengan jutaan konten tersebut dikemas dalam ukuran yang bisa didownload.

Mereka juga membuat sistem untuk mengatur lelang di eBay dan menjual perusahaan bernama Auctomatic tersebut pada 2008 dengan nilai 5 juta Dollar AS.

Hari ini, Stripe diperkirakan menangani transaksi tahunan senilai $50 milyar dollar yang artinya mendapat keuntungan hingga $1.5 milyaer per tahun. Tahun 2014, Stripe memiliki 80 karyawan, kini menjadi 750 karyawan di tahun 2017. Stripe diprediksi menjadi mesin utama bidang finansial bagi lebih dari 100 ribu bisnis. Fitur terbaru dari Stripe bernama “Radar” yang bisa mendeteksi penipuan dengan memanfaatkan AI.

Bersaing secara langsung dengan salah satu perusahaan yang menjadi wajah internet, PayPal dan perusahaan besar lainnya seperti Google dan Apple di bidang pembayaran sepertinya akan menjadi tantangan besar bagi Stripe dan Collison bersaudara.

Incoming search terms:

Hosting Unlimited Indonesia