Arti Menggambar Pohon Saat Psikotest

Hosting Unlimited Indonesia

Bagi kalian yang pernah ikut psikotest, biasanya ada bagian dimana kita diminta untuk menggambar sebatang pohon yang berbuah, bercabang dan berkambium. Biasanya, kita tidak diperbolehkan menggambar tanaman sejenis bambu, sawit dan semak belukar.

Tapi, apakah kalian tau apa arti dari menggambar pohon saat psikotest ini? Padahal, alam bawah sadar kita sudah memilih bagian-bagian tersebut untuk menunjukan kepribadian kita.

Berikut ini adalah penjelasan sederhananya :

Oh ya, sebelum membacanya ada baiknya kamu menggambar pohon disebatang kertas terlebih dahulu dengan ketentuan berupa pohon dikotil, berkambium, bercabang dan berbuah. Tuliskan juga nama pohon yang kamu gambar.

Setelah itu, lihatlah artinya dibawah ini.

1. Dimana posisi pohon kalian dalam bidang kertas?

Di Tengah

Kamu praktis dan rendah hati. Kamu juga menerapkan pendekatan dengan jalan tengah, seperti kamu menghadapi masalah dengan selalu mengharap yang terbaik dan membayangkan yang terburuk. Dengan cara ini, kamu siap dengan apapun yang akan terjadi.

Di Bagian Bawah

Kamu lebih suka melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan sesuatu, bisa dikatakan kamu adalah orang yang membumi.

Tinggi di Atas

Kamu selalu melihat hikmat dari semua masalah. Semakin tinggi letak pohonmu, maka semakin tinggi kamu memandang hidup ini. Walau yang terjadi tidak sesuai harapanmu, kamu akan menganggapnya sebagai pelajaran.

2. Bagaimana bentuk batang pohon yang kamu gambar?

Batang lebar

Ini melambangkan kekuatan emosional. Batang lebar artinya kamu bisa merasa tetap tenang dan tidak mudah marah. Kamu bisa kuat ditengah badai dan berpendirian kuat.

Batang ramping

Kamu bisa beradaptasi dan terbuka dengan pendapat orang lain. Kamu juga sensitif dan memiliki empati yang besar pada masalah orang lain.

Pohon bercabang di bagian puncak

Kamu sedang bimbang dalam beberapa pilihan hidup saat ini.

3. Seberapa tinggi gambar pohonmu?

Lebih dari setengah kertas

Artinya kamu punya keinginan untuk mencapai prestasi yang tinggi dalam hidup. Kamu juga dermawan soal uang dan dalam bekerja selalu seksama dan melakukan cek ulang untuk memastikan pekerjaanmu sudah baik.

Kurang dari setengah kertas

Kamu puas dengan hidup ini dan juga sangat hemat dan efisien.

4. Dimana letak pohonmu?

Di tanah

Kamu menginginkan rasa aman dan stabil. Kamu menyukai kehidupan keluarga dan suka pada pekerjaan yang membuat kamu bisa bertahan bertahun-tahun.

Di pot

Kamu sibuk bekerja/beraktivitas sepanjang waktu. Kamu suka berpergian dan berpetualang serta mengenal orang dan tempat baru.

Di puncak gunung

Kamu suka menjadi pusat perhatian dan mendapat perhatian. Kamu adalah penghibur dan komunikator alamiah dan handal yang bisa membuat orang tertarik padamu.

Melayang

Kamu tipe orang yang spontan. Kamu akan mudah merasa senang jika ada sesuatu yang menginspirasimu.

Di pulau

Kamu perlu banyak waktu menyendiri untuk mengisi ulang semangat dan membantu kamu menemukan solusi dari masalahmu.

5. Apakah pohonmu memiliki dahan?

Ya

Kamu adalah orang yang berorientasi pada otak kiri. Dahan menggambarkan orang yang logis dan analitis. Kamu jarang kehilangan kesabaran karena terlalu sibuk memikirkan solusi rasional untuk semua masalah yang muncul

Tidak

Jika kamu hanya menggambar kerangka dasar pohon, artinya kamu orang yang berorientasi pada otak kanan. Kamu cenderung mengikuti insting yang kamu miliki dalam banyak hal seperti menerima pekerjaan sampai berteman dengan orang baru. Dan biasanya, instingmu benar.

6. Pohonmu condong ke arah mana?

Kiri

Kamu cenderung memendam rasa. Kamu memiliki sikap konservatif, introvert dan tertutup. Kamu tidak menyukai “guncangan” dalam hidup.

Ke kanan

Kamu lebih mementingkan aksi. Kamu akan mengatakan apapun yang kamu pikirkan walaupun bertentangan dengan orang lain.

Lurus

Kamu bimbang antara harus memendam rasa atau mengungkapnya. Kamu cenderung “berperang” dengan dirimu sendiri dan berbicara jika memang itu penting buatmu.

7. Apakah pohonmu memiliki akar?

Ya

Akar melambangkan keluarga, sejarah dan masa lalu. Artinya kamu menganggap masa lalu sebagai bagian yang penting pada hidup anda saat ini.

Tidak

Kamu fokus pada masa depan dan lebih suka membuat “tradisi” baru. Kamu belajar lebih banyak dengan merasa situasi baru dan bertemu orang-orang baru.

8. Apakah pohonmu sebagain besar terdiri dari daun?

Ya

Kamu adalah seorang pemikir karena daun melambangkan pikiran. Orang yang menggambar daun biasanya selalu memikirkan apa saja. Kamu tipe orang yang suka menerung dan introspeksi, hal ini membuat kamu hati-hati dalam mengambil keputusan.

Tidak

Kamu cenderung memandang dunia ini dari dua sisi berbeda. Kamu tidak mudah digoyahkan oleh ketidakjelasan dari suatu masalah. Kamu tidak memusingkan solusi dari sebuah masalah tapi lebih berencana melakukan sesuatu.

9. Apa ada benda lain di sekitar pohonmu?

Buah/kacang pada pohon

Kamu bahagia jika melihat pekerjaanmu sudah dikerjakan dengan baik

Rumput dibawah

Kamu punya rumah dimana tamu merasa disambut baik, keluarga dan kamu betah tinggal disana dan kamu merasa damai di rumahmu.

Ada bunga dibawah pohon

Kamu bahagia jika dikelilingi orang yang bahagia di sekitarmu

Ada burung/hewan/orang disekitarnya

Kamu cinta pada keluarga dan teman-temanmud dan mereka adalah sumber kebahagaianmu

Ada ayunan di pohon

Kamu paling bahagia jika meluangkan waktu untuk bersenang-senang

Itulah arti menggambar pohon saat psikotest. Alam bawah sadar manusia memang luar biasa bahkan bisa dilambangkan seperti sebatang pohon. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Incoming search terms:

Hosting Unlimited Indonesia