Chennai Express, Satu Lagi Masterpiece Bollywood

Hosting Unlimited Indonesia

Bollywood memang belum seterkenal Hollywood dalam urusan memproduksi film-film kelas dunia, tapi saya sendiri masih ingat bahwa Bollywood juga memiliki beberapa karya masterpiece yang cukup dikenal sampai hari ini, misalnya ‘Kuch Kuch Hota Hai’, ‘Koi… Mil gaya’, ‘3 Idiots’ dan ‘Dhoom’.

Satu lagi masterpiece dari perfilman India adalah ‘Chennai Express’. Dengan Shahrukh Khan dan Deepika Padukone sebagai bintang utamanya. Keduanya sudah pernah bermain dalam satu film sebelumnya, yaitu dalam film ‘Om Shanti Om’ di tahun 2007. Film action-comedy ini bercerita tentang perjalanan seorang pria Mumbai ke Rameshwaram dan kisahnya ketika harus terlibat dan jatuh cinta pada seorang anak gadis mafia.

Film ini mendapat banyak nominasi dan penghargaan, bahkan pendapatannya di seluruh dunia sempat melampaui kesuksesan ‘3 Idiots’ sampai akhirnya disusul lagi oleh ‘Dhoom 3’.

 

Berikut ini, sedikit sinopsis dari film ‘Chennai Express‘ :

Rahul Mithaiwala (Shahrukh Khan), seorang pria lajang berusia 40 tahun, diminta oleh sang nenek untuk pergi menaburkan setengah abu kremasi sang kakek di Rameshwaram. Rahul menyetujuinya, namun dia sebenarnya tidak akan pergi ke Rameshwaram, melainkan ke Goa untuk berlibur sekaligus membuka cabang baru dari toko manisan mendiang kakeknya.

Sang nenek meminta Rahul pergi dengan kereta, hal itu memang sempat mengacaukan seluruh rencananya. Tapi, dia akhirnya membeli tiket kereta Chennai Express dan akan turun di stasiun berikutnya untuk melanjutkan perjalanan ke Goa.

Awalnya semua berjalan sesuai rencana sampai Rahul meninggalkan abu sang kakek di kereta, dia pun kembali untuk mengambilnya. Dan, saat dia akan keluar dari kereta yang mulai melaju, dia melihat seorang gadis berusaha mengejar kereta. Dia pun menolong sang gadis bersama 4 orang lainnya yang ingin naik. Sayangnya, kereta sudah meninggalkan stasiun saat dia berusaha keluar lagi.

Rahul berusaha merayu si gadis, dan si gadis pun berusaha berkomunikasi dengan Rahul melalui parodi lagu. Dia menjelaskan bahwa 4 orang tersebut ingin menculiknya. Rahul dan Meena pun berusaha kabur dengan berbagai cara untuk kabur sampai akhirnya, mereka justru sampai di desa Meena.

 

Meenalochni “Meena” Azhagusundaram merupakan anak dari seorang bos mafia bernama Durgeshwara Azhagusundaram dan 4 orang yang berusah menculiknya adalah sepupu Meena. Dia berusaha kabur karena dia akan dinikahkahkan dengan seorang pria yang tidak dia cintai, Tangaballi.

Meena membuat rencana bahwa Rahul adalah kekasihnya. Tangaballi pun menantang Rahul dalam duel, dan Rahul menyetujuinya tanpa mengetahui bahwa dia ditantang berduel. Rahul berhasil kabur dari pertarungan itu dan bersembunyi di kapal penyelundup. Dia pun ditangkap polisi Sri Langka dan justru dikembalikan ke desa Meena. Rahul dan Meena berhasil melarikan diri lagi saat Rahul menyandera Meena dengan sebilah parang.

Keduanya pun kabur ke desa Vidhamba dimana keduanya ‘menikah’. Disinilah, Meena mulai benar-benar jatuh cinta pada Rahul. Saat Rahul berusaha kabur dan melanjutkan rencana liburannya ke Goa, dia justru ditangkap oleh Tangaballi, untungnya, seluruh warga desa membantu Rahul dan Meena untuk kabur lagi.

Rahul dan Meena pun menuju Rameshwaram untuk menabur abu kakek Rahul. Saat perjalanan kembali, keduanya sebenarnya berencana kabur ke India Utara. Namun, Rahul justru benar-benar jatuh cinta dan membawa Meena kembali ke desanya. Disanalah, Rahul bertarung dengan Tangaballi dan seluruh warga desa. Walau terluka parah, Rahul berhasil menang.

Rahul menyadarkan Tangaballi dan ayah Meena bahwa hati dari seorang pria biasa bisa mengalahkan fisik maupun kekuatan politik. Rahul juga mengingatkan bahwa cinta tidak mengenal wilayah atau bahasa, karena dengan hati yang kuat, tidak ada hal yang tidak bisa dicapai pria biasa.

chennai express wallpaper

 


Film ini merupakan salah satu film India yang bisa disebut sebagai ‘masterpiece’. Setelah kemunculan ‘3 Idiots’, tidak banyak lagi film-film india yang bisa memunculkan unsur komedia universal seperti dalam film ini. Unsur action dalam film ini pun sangat kental, terutama di bagian akhir, mengingatkan pada film-film India terdahulu yang memang banyak memiliki unsur action.

Chennai Express juga banyak sekali memparodikan adegan film India maupun lagu-lagu dalam film India yang sudah terkenal sebelumnya. Seperti adegan saat Rahul membantu Meena naik kereta, atau lagu-lagu yang diparodikan Meena dan Rahul saat berusah berkomunikasi di dalam Chennai Express.

Untuk soundtrack, ‘Chennai Express’ memang berhasil menyajikan soundtrack yang luar biasa memikat. Menggabungkan unsur musik modern seperti hip-hop, dubstep dan rock, tapi tidak kehilangan unsur musik etnik Indianya.

Pada beberapa bagian dalam film ini, pengambilan gambarnya memang sangat indah. Menunjukan keindahan alam India, kehidupan masyarakat pedesaannya serta tradisi masyarakatnya.

Walau mungkin kamu bukan pecinta film Bollywood, sempatkanlah diri menonton film yang satu ini.

“Ready Steady Po!”

“Don’t Underestimate The Power of Common Man”

Incoming search terms:

Hosting Unlimited Indonesia