Cloud Atlas, Kisah Reinkarnasi Cinta

Hosting Unlimited Indonesia

Kali ini, saya akan mengulas tentang film berjudul Cloud Atlas, sebuah film drama fiksi ilmiah buatan Jerman pada tahun 2012 lalu. Film ini disebut-sebut sebagai film independen termahal sepajang masa. Hal ini karena selama empat tahun produksinya, film ini mengalami masalah keuangan dan akhirnya berhasil diselesaikan berkat berbagai sumber independen yang mencapai $102 juta.

Film ini merupakan adaptasi berjudul sama karya David Mitchell dari Inggris. Dalam sinopsis resminya, film ini menyebutkan,

Sebuah petualangan tentang bagaimana kehidupan seseorang memengaruhi kehidupan satu sama lain di masa lalu, masa kini, dan masa depan, ketika satu jiwa berubah dari pembunuh menjadi pahlawan dan tindak kebaikan yang terus ada melintasi zaman demi menciptakan suatu perubahan.

Dalam film ini, diceritakan enam kisah berbeda dalam enam masa yang memiliki masalahnya masing-masing. Dimulai dari tahun 1800an hingga di masa depan di tahun 2300an.

Enam kisah itu masing-masing dijelaskan secara singkat sebagai berikut :

Di Samudra Pasifik tahun 1849, Adam Ewing sedang kembali dari Kepulauan Chatham menuju San Francisco. Dia menyelamatkan seorang budak suku Mauri bernama Autua yang berhasil menyelinap ke kapal. Autua pula yang menyelamatkan Ewing saat hendak diracuni oleh seorang dokter. Saat kembali ke Amerika, Ewing memilih bergabung dengan gerakan penghapusan perbudakan.


 

Cambridge, Inggris dan Edinburgh, Skotlandia tahun 1936, Robert Fisher bekerja sebagai pencatat lagu untuk komposer Vyvyan Ayrs. Di waktu senggangnya, dia membaca catatan dari Ewing, walau setengahnya sudah hilang. Selain mencatat lagu, Robert juga membuat karyanya sendiri, “The Cloud Atlas Sextet“. Sayangnya, Vyvyan mengklaim bahwa simfoni itu adalah miliknya. Tapi, Robert bersikeras bahwa itu adalah karyanya dan akhirnya menembak Vyvyan. Setelah dia menyelesaikan karyanya, dia akhirnya bunuh diri tepat sebelum ditemukan oleh kekasih sesama jenisnya, Rufus Sixsmith.


San Francisco, 1973, Jurnalis bernama Luisa Rey bertemu Sixsmith yang sudah tua, yang ternyata ilmuwan nuklir. Sixsmith berupaya mengungkap konspirasi keselamatan reaktor nuklir tapi sayangnya dia lebih dahulu dibunuh. Rey pun berusaha mengungkapkan konspirasi itu walau nyawanya menjadi taruhannya. Dengan bantuan dari kepala keamanan reaktor nuklir yang juga teman ayahnya, Rey berusaha mengekspos apa yang sebenarnya terjadi.


 

Britania Raya, 2012, Timothy Cavendish, dijebak oleh saudaranya sendiri dan memasukannya ke panti jompo. Cavendish yang merasa terkekang di panti tersebut membuat sebuah rencana melarikan diri bersama teman-temannya. Sebelumnya, Cavendish didatangi beberapa gangster yang meminta royalti dari buku yang ditulis kawan mereka. Pada akhirnya, Cavendish menulis sebuah novel berdasarkan kisah hidup Rey dan dirinya.


Neo Seoul (Korea), 2144, seorang manusia klon bernama Sonmi-451 diselamatkan oleh Komandan Pasukan “Union” bernama Hae-Joo. Dia menyaksikan bagaimana manusia klon yang sudah selesai melaksanakan tugasnya akan dieksekusi dan diubah menjadi protein dan diberikan sebagai makanan untuk manusia klon berikutnya. Setelah menonton kisah hidup dari Cavendish, Sonmi bersama anggota “Union” menyiarkan apa yang sedang terjadi ke seluruh penjuru semesta. Pada akhirnya, Hae-Joo terbunuh dan Sonmi dieksekusi.


 

cloud atlas

Pulau Besar, tahun 2321, “106 musim dingin setelah The Fall”, umat manusia kembali ke jaman primitif, namun ada sebagian yang masih tetap mempertahankan teknologi mereka. Salah satu orang primitif ini adalah Zachry. Orang-orang primitif ini memuja Sonmi sebagai seorang dewi. Suatu hari, Meronym , seorang anggota “Prescient” (masyarakat yang masih bertahan dengan teknologi maju) meminta bantuan untuk mencapai “Cloud Atlas” sebuah stasiun komunikasi yang digunakan untuk menghubungi koloni bumi, stasiun yang sama yang digunakan oleh Sonmi untuk menyebarkan beritanya. Di masa tuanya, Zachry tinggal di salah satu koloni bumi dan menceritakan kisah ini pada cucu-cucunya.


Film ini bisa disebut sangat menarik karena setiap pemerannya harus memerankan lebih dari satu karakter di jaman yang berbeda-beda. Bahkan, ada pemeran yang muncul di setiap jaman. Itu, suatu hal yang sangat menarik bagi saya.

Sayangnya, karena banyaknya latar dan karakter membuat film ini sangat sulit untuk dimengerti, selain itu, jika tidak menontonnya secara sungguh-sungguh, maka akan sulit menemukan hubungan antara kisah yang satu dengan kisah yang lainnya.

Bagaimanapun, film ini cukup layak untuk ditonton. 🙂

Incoming search terms:

Hosting Unlimited Indonesia