Here Maps Resmi Dilepas Nokia

Hosting Unlimited Indonesia

Nasib Here Maps milik Nokia akhirnya menemui kejelasan saat konsorsium pembuat mobil asal Jerman yang terdiri dari perusahaan Daimler, BMW dan Audi setuju untuk mengakuisisi pemetaan digital tersebut dengan harga 2,8 milliar Euro atau lebih dari 3 milliar dollar Amerika Serikat.

Ketiga perusahaan tersebut mengungkapkan bahwa tidak ada yang memiliki bagian mayoritas dari Here. Akuisisi ini dianggap akan menjadi dasar bagi sistem asisten dan sistem mengemudikan mobil tanpa sopir di masa depan. Nokia hanya akan mendapat sekitar 2,5 milliar Euro dari transaksi ini karena Here Maps memiliki hutang senilai 300 juta Euro. Transaksinya diharapkan akan selesai pada quartal pertama 2016.

The logo of Nokia Oyj's connected driving maps unit HERE sits on the rear passenger door of a Land Rove SUV automobile, produced by Tata Motors Ltd.'s Jaguar Land Rover unit, outside the HERE offices in Berlin, Germany, on Thursday, April 23, 2015. Nokia, the Finnish company selling its money-losing maps business, is trying to drum up interest from some of the biggest names in technology including Apple Inc., Alibaba Group Holding Ltd. and Amazon.com Inc., people with knowledge of the matter said. Photographer: Krisztian Bocsi/Bloomberg

Bicara soal Here Maps, Nokia mulai mengembangkan bisnisnya pada pemetaan digital setelah mengakuisisi Navteq, sebuah perusahaan pembuat sistem informasi geografis untuk industri otomotif pada 2008 senilai 8,1 miliar dollar. Saat ini, Here Maps memiliki database peta lebih dari 200 negara dan sudah tersedia dalam 50 bahasa berbeda. Tidak heran jika banyak perusahaan terutama otomotif yang menginginkannya.

Penjualan Here Maps oleh Nokia ini terkait fokus bisnis baru dari Nokia yaitu peralatan jaringan telekomunikasi. Apalagi, Nokia sedang dalam proses merampungkan pembelian Alcatel Lucent senilai 15,6 miliar Euro. Ini juga mungkin terkait dengan rencana Nokia merilis smartphone terbaru pada 2016.

Hosting Unlimited Indonesia