IBM Berhasil Mengemas 30 Milyar Transistor Menjadi Seukuran Kuku Tangan

Hosting Unlimited Indonesia

Dalam dunia teknologi, ada sebuah hukum yang disebut sebagai Moore’s Law, digagas oleh co-founder Intel, Gordon Moore. Hukum ini tidak didasarkan pada ilmu fisika atau elektronik, hanya prediksi yang dikemukakan oleh Moore. Dia memprediksi bahwa jumlah transistor pada sirkuit terpadu akan berlipat ganda setiap dua tahun.

Secara sederhana, artinya kemampuan komputer akan berlipat ganda setiap dua tahun. Tapi, Moore’s Law yang sudah tepat memprediksi sejak 1965 seakan tidak berlaku mulai 2015 karena pengembangan chip yang semakin melambat akibat sulitnya menyisipkan banyak transistor ke bidang yang kecil.

Namun, berita baik hadir saat IBM dan partnernya yaitu Globalfoundraisers dan Samsung berhasil mencipatakan 5-nanometer chips menggunakan teknologi Extreme Ultraviolet Lithography. Teknologi yang sama yang digunakan untuk menciptakan 7-nanometer chips.

Lalu, apa arti dari 5nm chip ini?

  1. Komputer akan memiliki kemampuan yang lebih tinggi dalam beberapa tahun ke depan, setelah temuan ini diaplikasikan pada produk-produk yang dijual di pasaran. Sebagai perbandingan, 7 nm chip, ‘hanya’ memiliki 20 milyar transistor, sementara 5 nm chip ini mampu menampung 30 milyar transistor.
  2. Untuk smartphone, selain performa yang jauh lebih cepat dan stabil dari saat ini. Chip baru ini juga diprediksi mampu membuat baterai lebih tahan lama hingga 2-3 kali lipat lebih lama dari smartphone saat ini.

Tapi, harap bersabar sebelum semua itu terjadi. Bahkan produk dengan 7nm chip diprediksi baru dipasarkan pada 2018. Jadi, bisa dipastikan bahwa produk dengan 5nm chipset baru akan tersedia untuk pasar dalam beberapa tahun ke depan. Setidaknya, ini adalah pertanda baik bahwa perkembangan teknologi tidak akan diam di tempat dalam beberapa tahun ke depan.

Hosting Unlimited Indonesia