Keluar dari Deindex Google

Hosting Unlimited Indonesia

Kali ini, saya akan berbagi “pengalaman manis” dalam mengeluarkan salah satu blog saya dari jurang deindex Google. Cerita awalnya, saya membeli sebuah domain di forum Ads-ID. Nama domainnya lumayan bagus menurut saya, usianya sudah hampir setahun dan harganya cukup wajar bagi domain sekelas itu.

Alamat threadnya (https://www.ads-id.com/forums/showthread.php/184526-Jual-Murah-Bestsmartphonenews-com-Domain-Bagus-Buat-Niche-Smartphone)

Saya installkan WordPress dan pasangkan theme premium yang lumayan dari kualitas SEO-nya. Tidak lupa verifikasi di Webmaster, Addurl Google dan sebagainya. Tapi, sampai bulan Juni tiba (seminggu setelah domain dibeli), blog tersebut belum juga diindex oleh Google. Saya pikir pasti ada yang salah.

Akhirnya saya cek di PixelGroove.com (https://pixelgroove.com/serp/sandbox_checker/), ternyata domainnya memang kemungkinan besar terkena sandbox atau dalam hal ini mungkin sudah deindex oleh Google. “Waduh… gimana ni?” begitulah pikir saya pada awalnya.

Saya pun mencari-cari cara untuk meminta Google agar mengindex blog itu lagi dan ketemu. Namanya “Reconsideration Request” atau permintaan peninjauan ulang.

Berikut ini langkah-langkah yang saya lakukan :

1. Verifikasi kepemilikan untuk blog yang dimaksud, ini wajib agar bisa melakukan manual checker pada blog yang dimaksud. Langkah ini tidak perlu dijelaskan karena semuanya pasti sudah bisa kan? Kalau belum, cari saja di Google.

2. Buka https://www.google.com/webmasters/tools/reconsideration

3. Pilih domain/blog yang dimaksud lalu klik “Check Manual Action”

4. Ada banyak kemungkinan hasilnya. Untuk kasus saya, katanya sih “Pure Spam” ada juga kasus “Unnatural link from your site” dan sebaginya.

5. Kalau “penyakit”-nya sudah ketemu, obati dulu. Misalnya nih, terindikasi “unnatural link from your site”, maka kurangi jumlah link keluar di blogmu, buat senatural mungkin.

Nah, bagi yang “Pure Spam”, coba diamkan dulu blognya selama beberapa hari sebelum meminta peninjauan ulang. Atau, kalau bisa, hapuslah link-link menuju ke blogmu agar tidak dianggap spam. Kasus saya, entah karena kesalahan pemilik sebelumnya atau kesalahan saya hingga blognya dianggap pure spam.

6. Ajukan “Reconsideration Request” lewat link diatas. Tulis dalam bahasa Inggris, gunakan kata-kata yang sederhana saja. Usahakan untuk JUJUR dalam menjelaskan kasusnya.

Kalau saya sendiri menulis seperti ini, dengan bantuan Google Translate tentunya

“Hey, Google

My name is Ari Kurniawan. I just bought this domain (bestsmartphonenews.com) few days ago from someone. I bought it because the domain looked nice and cool.

I do not know what was done by the previous owner with this domain.

But, what I’ve done so far just do SEO by the rules and promotion through twitter and facebook. I write all the articles in the blog by myself and not spamming.

I hope google would review my domain.

Thank you.”

Saya mengajukan peninjauan ulang sekitar tanggal 4 Juni dan blog tersebut sudah kembali diindex Google tanggal 7 Juni 2014. Yes, selamat!

Hosting Unlimited Indonesia
%d bloggers like this: