Pesawat Kertas Pintar, Ide Senilai Jutaan Dollar

Hosting Unlimited Indonesia

Pesawat kertas dipandang sebagai sesuatu yang remeh oleh banyak orang. Banyak orang menganggapnya sebagai mainan anak-anak atau mainan para siswa di kala bosan di dalam kelas. Tapi, tidak sedikit orang yang jatuh cinta dan mendalami seni pesawat kertas ini. Di Jepang, seorang ahli pesawat kertas bernama Takuo Toda berhasil membuat pesawat kertasnya terbang selama hampir 30 detik. Sementara, di belahan dunia lain, Joe Ayoob asal Amerika Serikat berhasil membuat pesawat kertasnya menempuh jarak hampir 70 meter.

Bicara tentang sejarahnya, tidak ada yang tau pasti siapa yang menciptakannya pertama kali. Tapi, mengingat bangsa Tiongkok telah menemukan teknik pembuatan kertas sejak 2000 tahun lalu, banyak yang percaya bahwa pesawat kertas pertama kali dibuat di Tiongkok, tapi tidak berbentuk seperti pesawat kertas yang kita kenal saat ini, lebih mirip seperti layang-layang dari kertas. Sementara, pesawat kertas seperti yang kita kenal saat ini.

Sementara pesawat kertas yang seperti kita kenali saat ini, yang mengambil bentuk dari pesawat terbang sebenarnya kemungkinan baru dihadirkan oleh Jack Northrop saat membuat pesawat kertas untuk melakukan tes rancangan miliknya sebelum diterapkan pada pesawat terbang sebenarnya.

Tahun 2013, PowerUp Toys melakukan kampanye di Kickstarter untuk menghadirkan produk pesawat kertas pintar. Pada kampanye tersebut, PowerUp Toys berencana menghadirkan modul PowerUp 3.0 untuk dipasang di pesawat kertas buatan sendiri dan memungkinkan pengguna menjadi pilot untuk pesawat kertas miliknya dengan menggunakan smartphone.

Kampanye Kickstarter yang awalnya hanya menargetkan pendanaan berjumlah $25,000 justru berhasil mengumpulkan lebih dari $1,200,000 dalam 60 hari masa kampanyenya. PowerUp Toys kemudian melakukan kampanye lainnya untuk menghadirkan PowerUp FPV, sebuah modul untuk pesawat kertas pintar yang dilengkap kamera dan teknologi VR. Kampanye kali ini terbilang kurang sukses bagi PowerUp karena dari $100,000 target pendanaan, mereka ‘hanya’ bisa mengumpulkan $490,000.

Tahun 2017, PowerUp kembali melakukan kampanye Kickstarter untuk produk terbaru mereka, PowerUp Dart. Produk terbaru ini merupakan penyempurnaan dari produk pertama mereka dengan tambahan berupa fitur yang memungkinkan pesawat kertas pintar untuk melakukan berbagai trik layaknya pesawat terbang akrobatik sungguhan. Walau kampanyenya sudah selesai, kampanye yang menargetkan pendanaan hanya $25,000 justru mendapat pendanaan hingga lebih dari $1,600,000 hanya dalam 36 hari.

Keberhasilan kampanye Kickstarter ketiga dari PowerUp Toys ini membuktikan bahwa ide pesawat kertas pintar ini adalah ide bernilai jutaan dollar yang sangat mungkin berkembang di masa depan. Produk ini menawarkan kemudahan, kesederhanaan dan kebahagiaan dalam sebuah produk yang terlihat sepele.

Hosting Unlimited Indonesia