Promosi Produk Secara Online? Kenapa Tidak!

Hosting Unlimited Indonesia

Bagi pebisnis online yang masih pemula mungkin kini sedang mencari cara promosi online lewat media internet yang sangat efektif untuk usaha yang sedang dikelolanya. Hal tersebut memang harus dilakukan karena rasanya suatu usaha tanpa adanya promosi yang baik akan kurang terlihat hasilnya. Tanpa promosi maka calon pembeli tidak akan mengenal usaha yang Anda tekuni ini. Pada dasarnya adalah promosi ini dilakukan dengan tujuan untuk bisa mengenalkan bahwa Anda menjual barang atau jasa sekaligus untuk mendapatkan brand yang kuat.

Apabila brand usaha Anda sudah terkanal maka akan sangat mudah bagi para calon pembeli untuk langsung menuju kepada Anda bilang barang/jasa yang Anda tawarkan sesuai dengan yang mereka cari. Salah satu cara yang paling ampuh dalam melakukan promosi jualan ini supaya cepat laku adalah dengan memperkenalkan terlebih dahulu kepada teman. Nah, jika pangsa pasar Anda adalah untuk anak sekolahan maka kenalkan kepada teman sekolah Anda. Apabila pasar Anda adalah orang kantoran maka kenalkanlah kepada mereka yang Anda rasa membutuhkan barang/jasa tersebut.

Dalam melakukan promosi online ini keberadaan testimonial memang sangat dibutuhkan karena hal tersebut dapat membangun rasa percaya dari calon pembeli kepada usaha Anda. Untuk itu, dalam cara promosi online jangan lupa untuk meminta testimonial atau komentar tentang produk yang Anda jual atau tawarkan. Nah, setelah tahu tips-tipsnya, kemudian kita cari tahu bagaimana cara melakukan promosi di berbagai media online.

Cara promosi lewat Facebook

Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Facebook, bukan? Facebook merupakan salah satu media sosial atau jejaring sosial. Nah, saat ini Facebook tidak hanya digunakan untuk media pertemanan saja, melainkan juga untuk memasarkan beragam produk alias berbisnis online.

Cara berpromosi lewat Facebook yang paling mudah adalah dengan membuat status di akun pribadi berupa promosi produk/jasa kita. Cara lainnya adalah dengan membuat group atau page untuk memasarkan produk pada segmen pasar yang lebih khusus. Terakhir adalah dengan menggunakan Facebook Ads, yaitu beriklan langsung melalui Facebook dimana iklan bisa tampil di timeline maupun sidebar dengan segmen pasar yang bisa diatur.

Cara promosi lewat Twitter

Sama halnya dengan Facebook, Twitter merupakan media sosial yang pas untuk melakukan promosi produk. Apalagi di Twitter kita bisa menggunakan fitur schedule tweets untuk memungkinkan kita mengatur jadwal tweet kita.

Cara promosi melalui Twitter yang paling efektif sampai saat ini adalah memanfaatkan tanda pagar atau hastag untuk menjangkau segmen pasar yang diinginkan. Sementara berpromosi melalui Iklan Twitter sampai saat ini cenderung belum efektif karena masih terlihat belum menarik.

Cara promosi lewat Instagram

Seperti yang kita tahu bahwa Instagram merupakan instagram yang memiliki tampilan foto atau gambar. Sehingga melakukan promo melalui Instagram jauh lebih menyenangkan ketimbang media sosial lainnya. Foto dan video diprediksi akan menguasai konten di dunia maya di tahun-tahun mendatang (mengalahkan konten berupa tulisan).

Beriklan di Instagram memiliki keunggulan yang sama seperti di Facebook karena keduanya berada dibawah satu induk usaha yang sama. Bedanya, iklan di Instagram harus bisa tampil lebih menarik dibandingkan post milik para pengguna yang lain dan itu adalah sebuah tantangan untuk para pengiklan.

Cara promosi lewat Toko Online

Jika melakukan promosi melalui media sosial masih kurang puas, kita bisa mencoba mempromosikan produk kita lewat toko online. Nah, di sinilah memang tempat yang tepat kita melakukan jual-beli maupun promo produk-produk kita. Ada banyak sekali situs atau toko online yang terpercaya saat ini.

Dengan menempatkan promosi dan katalog produk kita di banyak toko online, maka peluang untuk mendapatka pembeli pun akan semakin mudah. Ada banyak toko online yang menggratiskan layanan promosinya, namun agar produk/jasa kita bisa tampil lebih sering dan paling atas tentu ada biaya yang harus dibayar.

Nah, itulah beberapa cara promosi online produk yang dapat kita lakukan. Mau lewat apa promosinya tergantung dari diri kita paling cocok melakukan promosi melalui media sosial apa atau toko online yang mana. Namun, yang paling penting adalah lakukanlah kegiatan promosi produk sesuai dengan prosedur yang ada di masing-masing media sosial ataupun toko online.

Hosting Unlimited Indonesia