Tips Memilih Kemeja Kerja Masa Kini

Hosting Unlimited Indonesia

Kemeja adalah jenis pakaian yang mampu memberikan kesan formal bagi pemakainya, tapi di sisi lain, pemilihan desain kemeja kerja yang tepat akan mampu memberikan kesan rapi sekaligus casual di saat bersamaan. Tips kali ini dikhususkan bagi pegawai kantoran yang memerlukan sedikit bantuan untuk memilih kemeja yang tepat untuk dikenakan saat ke kantor, ke acara formal maupun untuk keseharian.

Memilih Bahan

desain kemeja kerja

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah bahan. Umumnya, bahan yang digunakan untuk pakaian jenis ini adalah kain katun. Kenapa katun? Pertama karena bahan ini mampu menyerap keringat, tidak memberikan rasa panas pada pemakainya dan mampu memberikan rasa nyaman saat dipakai. Bahan ini juga tersedia dalam beberapa ukuran ketebalan sehingga bisa disesuaikan dengan selera pemakainya.

Hindari menggunakan bahan seperti sutra atau satin. Pertama karena bahan ini umumnya kurang nyaman ketika dikenakan dan menimbulkan rasa panas yang mengganggu. Selain itu, kedua bahan ini terkesan tidak begitu formal dan lebih mudah kusut.

Memilih Warna

Sebenarnya tidak ada aturan tertulis mengenai warna kemeja apa yang harus digunakan di acara tertentu. Tapi, umumnya, kemeja berwarna gelap lebih cocok digunakan saat menghadiri acara-acara formal. Kemeja warna cerah bisa saja digunakan untuk acara formal, tapi bisa dipadukan dengan sweater. Sementara untuk kegiatan kantoran sehari-hari, warna seperti putih, merah muda, biru laut atau hijau muda bisa menjadi pilihan.

Agar tampil lebih keren, warna kemeja juga harus dipadukan dengan bawahan atau celana dengan warna yang menyesuaikan. Warna yang umum dipadukan dengan kemeja kantoran adalah warna hitam atau biru-biru gelap yang lebih cenderung ke hitam. Warna ini cenderung netral dan bisa digunakan dalam berbagai suasana.

Memilih Motif

Dua motif umum yang digunakan untuk desain kemeja kerja adalah polos dan garis vertikal. Khusus untuk garis vertikal, motif ini sangat pas digunakan bagi mereka yang berpostur tubuh besar dengan membantu agar siluet tubuh terlihat lebih ramping dan tegap. Tapi, motif ini sangat tidak disarankan untuk mereka dengan tubuh yang kurus dan tinggi.

Motif kemeja lain yang sedang populer adalah gingham atau dikenal sebagai motif kotak-kotak yang mirip dengan flannel. Berbeda dengan motif garis vertikal, motif ini sangat pas digunakan oleh mereka dengan postur tubuh kurus agar terlihat lebih berisi. Umumnya motif ini terkesan kurang formal dan lebih cocok digunakan untuk acara-acara casual.

Dua motif lain yang umum digunakan pada kemeja adalah floral dan batik. Tapi, khusus untuk motif floral, kemeja dengan motif ini lebih cocok digunakan untuk acara-acara santai sementara motif batik lebih pas digunakan untuk acara formal kenegaraan atau acara kumpul-kumpul bersama keluarga.

Memilih Bentuk

Untuk ukuran kemeja kerja, gunakanlah ukuran yang body fit. Ukuran ini memberikan kesan lebih rapi dan keren. Tapi, bagi yang kurang nyaman dengan ukuran body fit, bisa memilih ukuran yang sedikit lebih besar asalkan tidak terlalu longgar karena akan terkesan kurang formal.

Untuk bentuk lengan, pemilihan kemeja lengan panjang sangat pas bisa digunakan untuk acara formal karena terlihat dan terkesan lebih rapi. Sementara, untuk bekerja sehari-hari, pemilihan bentuk lengan pendek atau 3/4 bisa menjadi pilihan agar lebih praktis.

Sekian tips memilih kemeja kerja masa kini dan semoga bisa membantu.

Hosting Unlimited Indonesia