Ustwo Buat Aplikasi Kesehatan Mental

Hosting Unlimited Indonesia

Ustwo dikenal sebagai pembuat dari salah satu game fenomenal, Monument Valley. Kini, developer yang berbasis di Inggris tersebut merilis aplikasi kesehatan mental yang disebut Moodnotes, bekerjasama dengan developer asal Amerika Serikat, Thriveport.

Aplikasi ini baru tersedia untuk iPhone dan dibanderol dengan harga 2.99 pound sterling. Memakai prinsip cognitive behavioural therapy (CBT), aplikasi ini bekerja dengan meminta  penggunanya  untuk memilih mood mereka pada waktu-waktu tertentu dengan cara swipe beberapa icon wajah yang ada. Terdapat 7 tingkat kebahagiaan dalam aplikasi ini dan pengguna bisa menambahkan catatan tentang alasan mereka mengalami mood tersebut.

moodnotes

Aplikasi ini kemudian akan mencoba mengidentifikasi pola mood dari penggunanya dan membantu pengguna dengan beberapa pertanyaan agar mereka lebih mengerti seputar perasaannya serta menyarankan terapi yang dirasa tepat.

Dr. Edrick Dorian dari Thriveport mengatakan bahwa Moodnotes adalah kombinasi dari para ahli psikologi yang berasal dari Thriveport dengan desain kelas premium yang menarik dari Ustwo. Aplikasi ini bukan hanya untuk bersenang-senang, namun benar-benar relevan dengan ilmu psikologi.

Pengguna Moodnotes dimungkinkan untuk mengubah data mereka dalam bentuk CSV atau PDF untuk kebutuhan medis atau konsultasi dengan terapis atau dokter. Tapi, baik Ustwo ataupun Thriveport tidak akan menyimpan data tersebut di cloud kecuali pengguna benar-benar menginginkannya. Data tersebut hanya akan berada di perangkat pengguna untuk alasan privasi.

moodnotes ss

Walau dijual dengan harga 2.99 pound sterling, tapi Moodnotes tampaknya bukan ‘ladang uang’ bagi kedua developer. Ustwo sebenarnya ingin bekerja lebih banyak di sektor kesehatan dan aplikasi ini adalah bukti bahwa mereka bisa menciptakan sesuatu yang menarik di sektor tersebut.

Sementara untuk Thriveport, aplikasi ini adalah kesempatan untuk lebih meluaskan prinsip CBT pada orang-orang. Mereka ingin mengubah paradigma orang-orang terhadap terapi melalui aplikasi. Walau mereka juga membuat disclaimer bahwa Moodnotes tidak bisa menggantikan terapi yang dilakukan oleh manusia.

 

Hosting Unlimited Indonesia